2.28.2009

Fenomena Ponari, Potret Kemiskinan Rakyat


Rakyat indonesia saat ini memang sedang sakit, sakit mental, sakit pikiran, sakit akidah, sakit moral dan sakit beneran. Memang tidak semuanya sih, hanya sebagian besar saja dari jutaan rakyat di negeri ini. Tapi itu sudah cukup untuk mewakili statement bahwa rakyat benar-benar sedang sakit. Bagaimana tidak?, coba kita lihat fenomena ponari yang baru-baru ini begitu menggemparkan, hanya dengan sebuah batu yang konon pernah disambar petir dan dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit, ribuan orang berbondong-bondong datang ke rumah ponari untuk berobat dan berharap akan kesembuhan penyakitnya. Hal yang sunnguh jauh berada diluar nalar dan akal sehat manusia.

Fenomena dukun cilik ponari merupakan potret betapa buruknya perekonomian bangsa ini, sebuah potret yang menggambarkan kemiskinan rakyat indonesia. Kemiskinan yang akhirnya bisa membawa masyarakat berbuat dan bertindak dalam hal-hal yang berada diluar batas nalar. Apa yang dilakukan oleh ponari dengan batu ajaibnya oleh masyarakat dianggap sebagai solusi terbaik untuk mengatasi masalah penyakit yang dialami, karena rumah sakit yang ada tidak bisa memberi pelayanan yang baik terhadap masyarakat.

Biaya berobat yang mahal, memang menjadi momok bagi masyarakat kita, tidak ada uang berarti tidak ada pengobatan, hal yang akhirnya membuat masyarakat berpaling pada sesuatu yang mustahil. Dengan cuma mengeluarkan uang Rp.5000 meski harus antre berhari-hari, mereka berharap kejaiban akan datang dan nasib baik berpihak pada mereka. keberuntungan yang mungkin bisa membuat penyakitnya sembuh.

Masyarakat indonesia terutama yang ada di Jawa memang masih begitu kental dengan aroma mistik, apalagi yang tinggal di daerah pedalaman. Sehingga banyak yang menganggap hal itu wajar dan biasa-biasa saja, meski mereka juga sadar bahwa saat ini mereka telah berada di abad 21 yang berarti abad denga berbagai macam tekhnologi modern.Tapi itulah kenyatan yang terjadi, irrasional mengalahkan rasional.
Menurut saya fenomena dukun cilik pionari merupakan pelarian dari masyarakat yang sejak lama tidak kunjung mendapatkan pelayanan yang baik untuk mendapatkan pengobatan. Inilah yang seharusnya mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah agar masyarakat bisa mrndapatkan haknya sebagai warga negara.

1 Comentário:

Tria Sakti mengatakan...

Yach inilah potret kemiskinan bangsa kita, selain miskin harta rupanya mereka juga miskin ilmu, dan iman. Susah jadi orang miskin. Hehehehehe

Posting Komentar

My Future ©Template Blogger Green by Dicas Blogger.

TOPO